RSS

Analisa dan Perancangan sistem informasi Pada perusahaan Jasa asuransi

26 Feb

SuperWil Insurance (SWI) adalah perusahaan asuransi yang bergerak di bidang asuransi mobil. Berikut adalah proses bisnis yang sedang berjalan pada SWI.

Pelanggan yang ingin mengasuransikan kendaraannya dapat datang ke kantor cabang terdekat untuk mendaftar. Pelanggan akan dilayani oleh bagian marketing. Pelanggan harus mengisi form pendaftaran polis. Form pendaftaran polis ini berisi informasi pelanggan (dalam hal ini disebut sebagai Pemegang Polis) dan kendaraannya (tertanggung) yang ingin diasuransikan.

Berdasarkan Form Pendaftaran Polis tersebut, Bagian Marketing akan membuat quotation yang akan diberikan pada bagian underwriting. Quotation ini merupakan penawaran polis yang berisi informasi tertanggung, premi, jumlah tanggungan terhadap kendaraan, dan umur polis. Premi adalah jumlah uang yang harus dibayar Pemegang Polis kepada asuransi. Jumlah tanggungan terhadap kendaraan adalah jumlah uang yang dilindungi oleh asuransi terhadap kendaraan. Besarnya jumlah tanggungan ditentukan bagian marketing tergantung merek, umur, dan kondisi kendaraan. Umur Polis telah ditentukan perusahaan yaitu 1 tahun.

Bagian Underwriting bertugas untuk melakukan survei terhadap kondisi kendaraan. Apabila berdasarkan survei mobil dianggap tidak layak untuk diasuransikan, maka pengajuan polis akan dibatalkan. Pembatalan pengajuan polis akan dikonfirmasikan pada pelanggan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 26, 2011 in categorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: