RSS

Penyebab dan cara mengatasi kesiangan

19 Nov

Kebiasaan tidur malam dan bangun siang itu banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Penyebab bangun kesiangan itu banyak sekali, diantaranya tidur terlalu malam dan mengidap penyakit insomnia(tidak bisa tidur malam).

Insomnia adalah buruknya kualitas tidur karena satu atau lebih yaitu: kesulitan tidur, bangun lebih sering sepanjang malam dan sulit kembali tidur, bangun lebih pagi dan terjada di malam hari namun tidak dapat kembali tidur.

Sedangkan insomnia sesaat disebabkan stres, gangguan lingkungan, suhu yang ekstrim, perubahan lingkungan sekitar, masalah jadual tidur ataupun efek samping pengobatan. Insomnia sesaat (transient dan intermittent) tidak membutuhkan perawatan khusus karena beberapa hari keudian tidur Anda akan kembali normal.
.
7 cara mengatasi  rasa malas saat bangun pagi !

1. Lihatlah Sesuatu Yang Berwarna

 

Direktur eksekutif dari Pantone Color Institute Leatrice Eiseman, mengatakan bahwa Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong.Penggunaan warna cerah merangsang energy yang ada di dalam tubuh manusia.Jadi gunakanlah warna merah,orange dan hijaulah pada bantal atau selimut Anda.

 

2. Bangun dan Lihatlah Bunga Mawar

 

Seorang anggota Harvard Medical Nancy Etcoff,mengatakan bahwa  Melihat sekuntum bunga mawar ketika terbangun, terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari,” . PhD, School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative.

 

3. Berhenti Memencet Tombol ‘Snooze’ di Alarm Anda

 

“Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze,” ujar Jodi Mindell, PhD dari The Sleep Disorders Center at the Children’s Hospital of Philadelphia.

4. Gambarkan Harimu Sejenak

“Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. “Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas,” ujar Dana Lightman, PhD, psikolog dai Abington, PA.

5. Minumlah Air Segera Setelah Bangun

 

Meminum segelas air segera setelah terbangun adalah cara yang baik untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang semalamnya. “Segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air. Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ,” ujar Holly Andersen, MD, seorang asisten profesor di Weill Cornell Medical Center.

6. Biarkan Sinar Matahari Masuk

 

Seorang profesor psikologi di Cornell University James B. Maas, PhD,mengatakan bahwa Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang.

7. Beri Sedikit Pijatan Di Wajah

 

Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat.

 

Referensi  : http://www.google.com

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 19, 2010 in categorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: