RSS

TEORI ORGANISASI

31 Des

Sejalan dengan dinamika manusia, maka timbullah berbagai jenis organisasi yang berperan selaku wahana dan saluran utama dalam usaha berkehidupan masyarakat secara tertib. Seirama dengan dinamika itu pula, timbullah berbagai jenis kebutuhan manusia yang kian lama kian kompleks pula se­hingga menjadi di luar batas-batas kemampuan seseorang untuk memenuhi seluruh kebutuhannya secara mandiri. Dengan perkataan lain, manusia modern menjadi manusia organisasional.

Salah satu akibat daripada kenyataan demikian adalah bahwa semakin banyak organisasi, baik jenis maupun kuantitasnya, yang diciptakan oleh manusia sehingga dapat dikatakan bahwa masya rakat modern telah menjadi masyarakat organisasional pula. Dengan perkataan lain, kompleksitasnya kebutuhan manusia dan masya rakat melahirkan berbagai jenis organisasi yang semakin kompleks pula.

Untuk menjadikan organisasi yang semakin kompleks itu dapat dipahami, berkembanglah teori organisasi dengan asas-asasnya, rumus-rumusnya, kaidah-kaidahnya dan pendekatan-pendekatannya. Artinya, timbullah berbagai usaha intelektual untuk lebih memahami efektifitas daripada berbagai organisasi itu. Lebih memahami efektifitas daripada setiap organisasi dimana seseorang menjadi anggota sangatlah pentingnya karena dua alasan utama, yaitu:

1. Mandalami batas-batas kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Agar setiap anggota organisasi semakin dapat meng-identifikasikan dengan lebih jelas sumbangan apa yang dapat di-berikannya dalam meningkatkan efektifitas organisasi.

Dalam tugas kali ini saya akan menjelaskan arti penting organisasi dan metode yang berhubungan dengan proposal perusahaan yang telah saya buat. Dalam era moderenisasi seperti sekarang  ini organisasi dan metode mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha. Karena penegertian dari organisasi dan metode itu sendiri adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu:

  1. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.
  2. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen.
  3. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  4. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.

Sebelum dijelaskan lebih lanjut, saya akan menjelaskan secara singkat latar belakang usaha yang telah kelompok kami buat ini. Informasi, pangan, dan refreshing merupakan kata kunci dalam perusahaan yang saya buat. Oleh karena itu sesuai dengan situasi diatas kami membuat sebuah usaha dengan nama BEP. BEP (Browse, Eat, Play) merupakan singkatan dari tiga kata yang mencirikan usaha berdasarkan konsep  tiga aspek prioritas kebutuhan masyarakat Indonesia. Browse untuk mencirikan akses internet, eat untuk mencirikan makan, serta play untuk mencirikan bermain dan berolahraga, dalam hal ini futsal dan renang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang telah kami buat termasuk ke dalam Organisasi Niaga. Karena pengertian Organisasi Niaga itu sendiri adalah organisasi yang tujuannya untuk mencari keuntungan. Oleh karena itu saya akan menjelaskan visi misi, lokasi dan pangsa pasar, serta teknik operasional perusahaan kami.

Visi

Menjadikan perusahaan yang maju dan kompeten.

Misi

  1. Melaksanakan usaha niaga berdasarkan tiga aspek kebutuhan masyarakat.
  2. Menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya dengan pelayanan yang baik.
  3. Menjadi mitra bagi masyarakat dan instansi swasta maupun pemerintah dalam pengembangan usaha di daerah tertentu.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur organisasi di atas:

  • Investor

Adalah orang yang menanamkan modal pada suatu perusahaan, serta mempunyai wewenang penuh dan memiliki rencana jangka panjang terhadap perusahaan tersebut.

  • Manajer

Adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan penggunaan segala sumber (personel, peralatan, uang, dan informasi) serta bertanggung jawab terhadap  pelaksanaan rencana yang telah diputuskan direksi untuk mencapai tujuan perusahaan.

(Tactical Decision making – Membuat keputusan taktis)

Tugas manager:

  1. merencanakan (planning)
  2. mengorganisir (organizing)
  3. mengarahkan (directing)
  4. mengawasi (controlling)
  5. penempatan (staffing)
  • Supervisor

Disebut tingkat pengawasan operasional yang mempunyai wewenang untuk mengawasi pelaksanaan operasional sehari-hari agar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Seperti misalnya menentukan jadwal kerja setiap hari/shift dll.

(Operational Decision Making – Membuat keputusann operasioanal .

Jadi yang mengatur langsung jadwal kerja teknisi, koki , operator, cleaning service dll adalah wewenang langsung seorang supervisor.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 31, 2009 in categorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: