RSS

IMAN ADALAH FITRAH MANUSIA.

30 Nov

Seorang mukmin meyakini bahwasanya perkara yang dapat memancarkan sumber-sumber kebahagian ke dalam hati sanubarinya, tak ada lain kecuali iman. Kebahagiaan barulah menjadi kenyataan yang bias dirasakan, bila ada kedamaian, harapan perasaan puas, serta perasaan cinta, dan kasih sayang. Yang kesemuanya itu bersumber dari muara keimanan. Iman merupakan sumber keamanan lahir maupun batin manusia. Tanpa adanya keimanan, maka semua hal tersebut hanya sebatas fartamorgana.

Indah dan nikmatnya taman surga di hari pembalasan di akhirat, juga hanya bias digapai dengan iman dan amal saleh.

Kedamaian jiwa adalah kunci utama untuk menggapai kebahagiaan hidup. Kedamaian jiwa adalah nafas samawi yang dihembuskan kedalam jiwa insan yang beriman. Sehingga hati mereka tetap teguh saat mana kebanyakan orang mengalami kegoncangan batin.

Yang menjadikan oarng mukmin memperoleh ketenangan ialah karena dia menempuh jalan yang sesuai dengan fitrah yang ditetapkan Allah dalam jiwanya.

Bila seseorang tidak mengenal Allah(ma’rifatullah), maka dia tidak bisa merasakan kebahagian dan kedamaian. Dia tidak akan mengetahui akan dirinya sendiri, atau lupa akan dirinya.

Terkadang fitrah manusia itu tertutup oleh daki-daki syubhat dan kotoran syahwat, terkadang membelok mengikuti perkiraan, keinginan hawa nafsu, mengekor pendapat dan tradisi nenek moyang, atau pun menyerah total kepada pemimpin.

Dalam perjalanan hidup manusia, pembelokan fitrah ini bukan hanya dalam bentuk pengingkaran kepada Allah dan ke-engganan menyembah-nya, akan tetapi yang lebih banyak justru meng-alamatkan penyembahyangan secara mendua kepada Allah dan kepada seama makhluk (musyrik). Maka misi utama para nabi dan rosul Allah disepanjang zaman adalah membetulkan alamat penyembahan manusia, dari menyembah makluk kepada menyembah Allah SWT semata.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 30, 2009 in categorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: